TEMPO.CO, Jakarta - Persaingan sejumlah merek ponsel pintar sudah sangat ketat. Meski demikian, Blackberry, vendor ponsel pintar asal Kanada ternyata masih menjadi pilihan konsumen. Temuan ini dilansir oleh jaringan lembaga survei global, Nielsen Indonesia.
"Sebanyak 48 persen orang Indonesia saat ini menggunakan Blackberry sebagai smartphone mereka," kata Anil Anthony, Direktur Eksekutif Consumer Insights Nielsen Indonesia, di Jakarta, Rabu, 11 Juni 2014. Sementara sebagai merek yang difavoritkan, hanya 34 persen konsumen Indonesia yang memilih Blackberry. (Baca juga: Ini Siasat BlackBerry Tingkatkan Pengguna BBM)
Sementara di beberapa negara Asia lain yaitu Hongkong, Singapura, Malaysia, India, dan Filipina, Samsung adalah merek favorit konsumen. Adapun konsumen Cina dan Thailand justru memilih Apple sebagai merek favorit. (Baca juga: BlackBerry Akan Pasang Iklan di BBM Channels)
Kepemilikan smartphone di Indonesia saat ini terus meningkat pesat. Pada 2013, dari seluruh telepon genggam yang dimiliki orang Indonesia, 23 persen adalah ponsel pintar. "Jumlah ini meningkat 5 persen dari tahun lalu," lanjut Anil.
INDRI MAULIDAR